Posted by : Naufal Al Farisi Tuesday 12 September 2017


Analisa menggunakan general principles & 8 Golden Rules Interface

Case : www.lazada.co.id


Analisa Website lazada menggunakan general principles.
Pada website e-commerce lazada mengandung  general principles. Berikut 16 prinsip yang ditemukan dalam website lazada

1.       Accessibility terdapat prinsip accessibility dikarenakan pada website ini dapat diakses disemua kalangan dari orang dewasa hingga remaja. jika ingin melakukan belanja online. Dan pada website ini mudah dipahami dari segi Bahasa serta penggunaan dan telah terstruktur dalam pembagian menu tampilan.



2.       Aesthetically, Dilihat dari segi warna pada website ini tidak menggunakan warna yang mencolok. Terkadang ada user yang pusing melihat tampilan sebuah website yang megggunakan warna mencolok. Dan dari segi penggambaran secara 3 dimensi telah dilakukan pada bagian menu “ brand by categori”. Dan untuk menu pengelompokkan telah sesuai. Contohnya pada menu “elektronik” telah dikelompokkan sesuai kelompoknya.






3.       Availability, Menu-menu utama telah di tersedia disetiap kategori pada saat mengakses website ini. Dan ketika user ingin memilih kategori tersebut dapat menampilkan halaman link baru sesuai jenis kategori yang dipilih.


4.       Clarity, Dari segi tampilan untuk bagian menu, ikon, serta tulisan sudah jelas dalam penggunaannya. Membuat user lebih memahami bagaimana cara penggunaan dari tiap menu atau fungsi yang akan digunakan.





5.       Compatibility, konten pada website lazada sudah memenuhi kebutuhan user yang ingin melakukan belanja online, seperti halnya pada saat ingin melakukan pembayaran, user harus melakukan pengisian data pengiriman lalu memilih metode pembayaran yang ingin dipilih oleh user.



User Compatibility, merupakan suatu konten yang biasa di akses/dikunjungi setiap user untuk memilih produk kemudian user melakukan pengisian data seperti melakukan pemesanan dan memilih pembayaran yang akan di lakukan seperti pengisian data kemudian nanti akan diarahkan ke menu pembayaran melalui rekening atau bisa langsung bayar ditempat.






Product Compability , Setiap harinya terdapat produk yang baru yang tertera di awal menu lazada.co.id. Dan produknya mempunyai diskon yang memungkinkan user bisa tertarik pada produk tersebut.



6.       Configurability , memberikan fasilitas kepada user untuk dapat melakukan konfigurasi aplikasi, seperti yang terdapat di tampilan pada menu lacak pemesanan.


7.       Consistency, Setiap menu pada lazada.co.id sangat familiar dengan desain logonya dan menu-menu yang dapat dikenali oleh user. Sehingga user mampu memprediksi apa yang akan terjadi apabila user menggunakan menu-menu tersebut.







8.       Control, Ketika salahsatu menu terdapat notice yang memperingatkan kepada user atau biasanya diberi warna merah untuk menandakan bahwa menu tersebut adalah peringatan.



9.       Directness, dapat dilihat pada saat user memilih barang yang ingin dibeli. Jika user ingin melakukan belanja lagi, aksi yang dilakukan user dengan memilih belanjaan sebelumnya akan masuk ke dalam ikon yang bergambar troli belanjaan.

10.   Efficiency






11.   Familiarity, terdapat beberapa fitur yang serupa seperti halnya fitur yang bergambar troli hamper disemua e-commerce memiliki fitur ini.

12.   Flexibility

13.   Forgiveness, di website lazada menyediakan autosave barang belanjaan yang telah dipilih user. Jadi jika user ingin berbelanja lebih dari satu, barang belanjaan sebelumnya sudah masuk ke dalam troli belanjaan. Jika ingin melakukan pembayaran dilain waktu, barang belanjaan si user masih tersimpan dalam troli belanjaan. Ini memudahkan user, yang memiliki sifat yang cenderung pelupa.


  











14.   Immersion, untuk dari segi user interface website ini terlalu biasa dibandingkan dengan e-commerce yang lainnya. Sehingga tidak menyebabkan si user fokus terhadap pada sistem tersebut. Jika membuat ketagihan itu melainkan adanya promo/diskon besar-besaran yang disediakan oleh pedangang yang ingin menjual itemnya.



15.   Obviousness, pada website ini sudah dirancang dengan system yang mempermudah user untuk mengaksesnya. Hampir kebanyakan user pemula sudah mengerti dengan kerja sistem website lazada ini. Karena dari tampilan menu utama, pengelompokkan menu/kategori, bahkan sampai tentang cara pembayaran, pusat panduan pun telah tersedia menu tersebut. Jadi memudahkan user pemula menggunakan sistem ini.


16.   Operability, sistem ini sudah di design untuk disemua kalangan. Baik pria maupun wanita. Bahkan anak sekolah dasar saja sudah ada yang bisa menggunakan website ini. Karena website ini di design untuk mempermudah user, terlebih kepada pemula.



8 Golden Rules Interface Design

1. Consistency
Konsistensi yang diaplikasikan pada halaman-halaman yang ada pada website lazada.co.id tetap memiliki tampilan yang serupa, hal ini menjaga kekonsitensian halaman dan membuat nyaman user sebagai costumer lazada.co.id tetap nyaman mengakses halaman halaman yang ada pada lazada. Disini kita komparasikan tampilan halaman utama website lazada dengan halaman display produk. Pada hal ini tampilan header dan footer dari kedua halaman terlihat sama, penggunaan font yang serupa.

Gambar 1.0 Halaman Utama Lazada


Gambar 1.0 Halaman Produk
2.  Shortcut
Pada hal ini website lazada telah memberikan shortcut yang baik untuk user atau customer mempermudah mengakses suatu informasi yang diinginkan nya. Contoh dari ini adalah icon troli
   yang salah satu fungsinya yaitu dengan cepat customer mengakses barang apa saja yang dia telah pilih dan beli, tanpa harus lagi customer mengakses halaman produk dan mengecek apakah produk tersebutlah yang akan ia beli atau bukan.

3. Feedback
Feedback yang diberikan system website lazada kepada customer yang akan mengakses halaman sangat baik, contohnya yaitu ketika saya akan menambahkan suatu produk kedalam wishlist saya  hal ini menandakan item yang saya pilih tadi telah berhasil menambahkan satu produk kedalam kategori wishlist saya sebagai customer.


 system merespon dengan menampilkan

4.Rules Design dialogs to yield closure
Pada sistem ini sudah memiliki rules design dialogs to yield closure. Dapat dilihat pada saat ingin melakukan pembayaran user dapat memilih metode pembayaran. Ketika sudah memilih metode pembayaran, user akan mendapatkan kode pembayaran jika user memilih untuk melakukan pembayaran melalui transfer,indomaret, alfamart dsb. Rincian pemesanan pun dapat dicetak.

 










5. Prevent Error
Penanganan error yang ada di halaman website lazada disini baik, hal ini berguna untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh user dalam melakukan suatu aksi. Dalam contoh disini pada form pembayaran melalui credit card semua field harus terisi dengan jelas.

6. Reversible Actions
Pada hal reversible actions ini berarti customer dapat membatalkan actions yang terlanjur dia pilih, dalam hal ini dalam case website lazada yaitu customer dapat membatalkan pemesanan barang yang terlanjur ia pesan Karena sesuatu hal





Action system apabila terjadi pembatalan pemesanan.

7. Put User In Control
Dalam hal ini User telah diberikan tampilan sedemikian rupa tanpa bisa mengubah preferensi halaman menurut dia sendiri, dan website lazada tidak dapat memenuhi hal ini, Karena lazada hanya memprioritaskan usernya hanya berdasarkan kenyamanan berbelanja.


8. Reduce Short term memory load
Dalam hal ini halman lazada menampilkan dengan user friendly dan mampu dioperasikan dengan baik dengan siapapun.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player Unduh Adobe Flash player

Popular Post

Hari Ini Anda Pengunjung Ke-

Labels

Tips (5) Cyber (2) Japan (2) JKT48 (1) Software (1)

Blog Archive

- Copyright © Mbribik -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Undetected41 -