Posted by : Naufal Al Farisi Tuesday 17 June 2014

Assalamualaikum Wr, Wb
Kali ini saya akan menulis artikel bertemakan Ngawi Ramah, Happy Reading guys J
Kabupaten yang yang terletak pada wilayah barat Jawa Timur yang langsung berbatasan oleh provinsi Jawa tengah. Secara geografis Kabupaten Ngawi terletak pada posisi 7° 21’ - 7° 31’ Lintang Selatan dan 110° 10’ - 111° 40’ Bujur Timur. Konon asal-usul didapatkan nya nama Ngawi berasal dari bahasa sansakerta yaitu “awi” yang berarti bambu, dan mendapat imbuhan oleh rakyat dan menjdai Ngawi. Jaman dahulu kala di daerah Ngawi banyak ditemukan pohon bambu di pinggiran sungai maupun dataran tinggi kabupaten Ngawi tersebut. Sejak Kabupaten Ngawi dipimpin oleh Bupati Ir. Budi Sulistiyono motto Kabupaten Ngawi berubah dari Asal “Ngawi Berjuang” menjadi “Ngawi Ramah”. Dengan adanya Motto ini diharapkan Kabupaten Ngawi dan seluruh lapisan masyrakat nya menjadi insan yang ramah dan bersahaja bagi setiap anggota masyarakat nya dan dalam interaksi dan pergaulan sehari-hari. Kebudayaan sehari-hari warga ngawi juga kental akan Sejarah kebudayaan.

 Kabupaten Ngawi dilewati oleh 2 aliran kali (Kali = sungai, dalam bahasa jawa) yaitu Kali Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang Se – Pulau Jawa dan Kali Bengawan Madiun yang merupakan anak dari sungai bengawan Solo tersebut. Sementara itu Kabupaten Ngawi juga merupakan daerah dataran tinggi yang terletak pada kaki Gunung Lawu. Inilah yang membuat Kabupaten Ngawi berudara sejuk walaupun panas dan musim kemarau melanda. tidak dapat dipungkiri bahwa,  Pesona Ngawi tidak dapat dipungkiri.
Batas Wilayah Kabupaten Ngawi:
Sebelah barat                         : berbatasan dengan Kabupaten Sragen
Sebelah Timur            : Berbatasan dengan Kabupaten Madiun
Sebelah Selatan         : Berbatasan dengan Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun
Sebelah Utara                        : Berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Blora
            Penduduk Kabupaten Ngawi Mayoritas bekerja pada bidang pertanian dan Industri Mikro. Pada bidang pertanian, daerah Ngawi yang berada di kaki gunung lawu membuat tanah nya subur dan dapat ditumbuhi oleh segala macam tumbuhan, terutama pada tanaman jagung, padi, dan tebu. Usaha Mikro yang ditekuni oleh masyrakat kabupaten Ngawi adalah Kripik Tempe, cemilan yang renyah dan gurih ini adalah salah satu icon oleh-oleh kabupaten ngawi yang sangat disukai oleh wisatawan yang berkunjung di Ngawi. Produsen kripik tempe terbesar di kabupaten ngawi terletak pada desa sadang,ngawi purba yang daerahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro. Program Ngawi Ramah yang menjadi salah satu program dari Bupati Ir. Budi Sulistyono mampu mengenalkan Kripik tempe menjadi salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Ngawi yang tidak dapat ditiru maupun disaingi oleh kota lain. Sejarah Semboyan Ngawi ramah juga tak dapat ditandingi oleh kabupaten manapun.
            Beragam Objek Wisata menjadi andalan dari program “Ngawi Ramah” Kabupaten Ngawi yaitu, Pemandian Tawun yang terkenal dengan “Dhuk Beji” yang diselenggarakan tiap tahun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ngawi serta dengan bantuan masyarakat sekitar yang turun temurun mewarisi adat ini yang mampu menyedot wisatawan, Museum Trinil yang sudah dikenal banyak orang dengan penemuan dan penyimpanan fosil “Phitecantropus Erectus”, Monumen Soerjo yang menjadi saksi bisu kesadisan PKI dijaman kemerdekaan yang telah membunuh Gubernur Jawa Timur pertama ini, Benteng Pendem yang terletak di tengah kota ngawi ini juga mempunyai arti peninggalan sejarah di jaman penguasaan Hindia Belanda, dan Waduk Pondok dengan pemandangan Air nya yang indah adalah tempat atau spot terbaik untuk para pemancing untuk meluangkan waktunya untuk bersantai.
            Tidak Luput, prestasi yang ditorehkan oleh klub Persinga Ngawi yang berlaga di Divisi Utama LSI (Liga Super Indonesia) mendapat dukungan penuh dari masyarakat kabupaten Ngawi yang senantiasa mendukung kemanapaun tim kesayangan nya berlaga, Pastmania adalah salah satu klub Supporter dari Persinga (gambar 1.2). Pemerintah disini juga membantu atas kejayaan team Persinga Ngawi atas Infrastruktur para pemain yang berlaga. Walaupun Fasilitas Stadion belum memadai jika suatu saat nanti Persinga Ngawi naik kasta ke ISL (Indonesian Super League) dibawah asuhan PSSI langsung yang dimana kompetisi didalamnya dihuni oleh team-team terkenal dari Seluruh bagian pulau Indonesi lainya seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makasar, dll yang telah arang melintang menggeluti kompetisi teratas dan kompetitif di Republik Indonesia ini. Semoga Krisis defisit APBD yang dialami oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi cepat ditanggulangi seehingga Motto “ Ngawi Ramah” yang dicanangkan oleh Bapak Bupati berjalan dengan baik dan sesuai jalan dan kemauan rakyat dan seluruh lapisan masyrakat. Pengentasan kemiskinan juga tugas yang berat bagi pemerintah Kabupaten Ngawi dalam member lapangan pekerjaan bagi mereka yang belum memeliki pekerjaan serta, dalam bidang Pendidikan dikembangkan secara baik sehingga mampu memunculkan bibit-bibit unggul anak didik penerus Kabupaten Ngawi yang berkualitas dan berakhlak mulia.

(Gambar 1,2)
Sekian Artikel saya, kurang dan lebihnya saya minta maaf J
Wassalamualaikum Wr, Wb


Comments
2 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. https://indoreformasi.blogspot.com/2017/04/sejarah-terbentuknya-kota-lamongan-jawa.html?showComment=1571759962854&m=1#c579706786271551515

    ReplyDelete
  2. Syahdanash@ppns.ac.id
    Terima kasih infonya
    Jangan lupa kunjungi
    https://ppns.ac.id/
    https://selinganhidup.wordpress.com

    ReplyDelete

Unduh Adobe Flash player Unduh Adobe Flash player

Popular Post

Hari Ini Anda Pengunjung Ke-

Labels

Tips (5) Cyber (2) Japan (2) JKT48 (1) Software (1)

Blog Archive

- Copyright © Mbribik -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Undetected41 -